Laman

Selasa, 15 Maret 2011

Twitter vs Facebook


twitter-vs-facebook
  • Konsep Facebook adalah pertemanan, jika kita ingin terhubung dengan pengguna lain, diperlukan konfirmasi dari orang tersebut untuk “menerima” kita sebagai “teman”.  Konsep Twitter adalah berbagi informasi, jika kita ingin terhubung dengan pengguna lain, cukup klik Follow (ikuti) agar mendapatkan informasi dari pengguna tersebut, dan tidak diperlukan konfirmasi dari pengguna tersebut.
  • Facebook memiliki “teman”, sedangkan Twitter memiliki Follower (pengikut) dan Following (orang yang diikuti).
  • Pada Facebook, pemilik akun “bukan manusia” seperti website, perusahaan, produk, dsb disediakan Pages.  Pada Twitter, semua akun baik manusia ataupun “bukan manusia” memiliki jenis akun yang sama.
  • Twitter hanya terbatas pada 140 karakter (meskipun bisa disisipi link ke situs/foto tertentu) untuk status, sedangkan Facebook memiliki bermacam-macam fasilitas, mulai dari album foto, catatan/notes, invitation, video, data diri, chat, dsb.
  • Sangat mudah untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di belahan dunia lain di Twitter daripada di Facebook.  Dilihat dari kacamata pengguna, Twitter lebih global daripada Facebook.
Twitter dan Facebook memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri, namun semua pasti ada masanya.  Saat ini Twitter sedang populer, dan perlahan tapi pasti penggunanya terus bertambah.  Akankah Facebook tersaingi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar